Senin, 07 November 2011

Cara Mengatasi Cegukan




Tips kesehatan wanita – Biarpun sepele tapi mengganggu banget! Uh cegukan bisa dihentikan enggak sih? Tips-kesehatanwanita akan memberikan tipsnya, nih.

APA YANG TERJADI?

Waktu kita bernapas terjadi kerjasama antara banyak otot di antara tulang iga dan serabut syaraf dalam tubuh. Di antaranya adalah diafragma. Diafragma bertugas membantu paru-paru menarik dan mengeluarkan udara untuk bernafas. Pada saat menarik nafas, diafragma turun dan pita suara membuka. Nah, kadang-kadang ada sesuatu yang terjadi dalam diafragma, missal iritasi. Sehingga gerakan diafragma jadi tidak normal atau kram. Akibatnya pada saat menarik napas, diafragma ikutan naik bersama otot tulang iga. Napas jadi nggak normal, sedangkan pita suara dalam keadaan tertutup. Ini membuat udara terperangkap di dalam diafragma dan memukul pita suara kita. Itu yang menyebabkan kita cegukan.

Menurut tips kesehatan wanita, penyebab cegukan antara lain :
-    Minum minuman soda
-    Menelan udara, missal over tertawa
-    Stress
-    Makan terlalu cepat

CARA MENCEGAH CEGUKAN

Supaya cegukan hilang, kita cuma harus meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh supaya diafragma jadi tenang. Caranya tahan napas saja selama beberapa saat! Eh tapi gimana dengan mitos-mitos menghilangkan cegukan yang sering kita dengar?
-    Minum sambil memencet hidung
-    Bernapas lewat kantong plastik
     Membantu meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh
-    Minum sambil membungkuk
     Posisi membungkuk membuat diafragma tertekan oleh kaki. Sehingga memungkinkan udara dalam diafragma keluar
-    Minum sambil menengadah
      Posisi menengadah dapat membuka saluran pernapasan. Tapi awas tersedak.
-    Taruh gula pasir dibawah lidah
     Dapat merangsang syaraf vagus dan phrenicus (syaraf yang berhubungan dengan aktivitas bernapas kita) yang bisa mengganggu ritme cegukan si diafragma.

Kalau sudah dilakukan segala cara tapi cegukan nggak berhenti juga (apalagi disertai dengan gejala-gejala tertentu seperti sesak napas) maka ada baiknya segera periksa ke dokter, karena bisa jadi itu bukan sekadar cegukan biasa. (qq)

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Recent comments