Kamis, 01 Desember 2011

Cara Meditasi Yang Baik Bagi Kesehatan



Tips kesehatan wanita –  Ayo ambil nafas dalam-dalam dan pelajari cara mengusir semua pikiran yang bikin kamu bete. Meditasi mulai yuk! Duduk bersila di lantai atau kursi. Kakimu harus menyentuh tanah sedekat mungkin (tidak mengambang). Luruskan punggung dan tutup matamu. Tarik nafas dalam-dalam dan cobalah untuk merasa nyaman dan fokuskan pikiran. Lakukan latihan ini selama 20 menit. Ulangi jika perlu.

BERNAFAS POSITIF
Pikirkan 2 kata positif seperti ‘senang’ dan ‘damai’. Setiap menarik nafas, pikirkan salah satu kata tersebut dan ucapkan di dalam hati. Ucap dan pikirkan kata yang lain waktu menghembuskan nafas.

PEKA SUARA
Duduk di ruangan yang sunyi dan dengarkan suara disekitarmu. Tarik nafas dan pada saat menghembuskannya, coba dengarkan suara nafasmu itu (biasanya terdengar seperti suara gumam). Terus fokuskan diri sampai kamu bisa lebih merasakan nafasmu, bahkan keadaan di sekitarmu.

BEAUTIFUL MIND
Pandangi hal-hal yang bagus seperti kebun bunga dari balik jendela, atau lukisaan pemandangan. Sekarang tutup matamu dan bayangkan apa yang kamu lihat tadi. Fokus pada satu bagian yang menyimbolkan keindahan atau kedamaian buatmu. Misalnya sekuntum bunga yang paling cantik atau air terjun pada lukisan tadi.

Otot yang lentur adalah kunci biar meditasi berjalan sukses. Lakukan gerakan di bawah ini dengan duduk bersandar pada dinding dengan kaki lurus, sampai seluruh bagian tubuhmu terasa rileks.

Cara meditasi yang baik bagi kesehatan :


KAKI     : lepaskan sepatu dan lenturkan pergelangan kaki dengan menggerakkannya ke depan dan ke belakang
PAHA     : rentangkan kakimu selebar 10 cm. ototmu secara otomatis akan bergerak melentur.
BAHU     : putar bahu kamu perlahan kea rah depan. Lalu ulangi kea rah sebaliknya.

Selanjutnya lakukan hal-hal dibawah ini selama meditasi.

MULUT      : buka mulutmu selebar kira-kira 2 cm untuk jalan udara
MATA        : tutup matamu dan bayangkan seolah-olah kamu sedang melihat ke ujung hidung.
TANGAN   : letakkan tanganmu di pangkuan, genggam dan letakkan tangan kanan di dalam genggaman tangan kiri.

Menurut tips kesehatan wanita,  tujuan bermeditasi adalah menenangkan pikiran dan menghilangkan stress. Tapi kamu perlu mencoba beberapa metode meditasi buat menemukan metode yang terbaik buat kamu. (qq)

0 komentar:

Poskan Komentar

recent posts

Recent comments