Selasa, 01 November 2011

6 Tanda bahaya Kesehatan


Tips kesehatan wanita – Rajin bercermin tidak menjamin anda bisa luput dan melewatkan tanda-tanda bahaya yang muncul di tubuh. Kali ini tips-kesehatanwanita berikan 6 indikatornya.

1.    Bercak-bercak merah di pipi
Bercak-bercak merah disertai rasa gatal yang muncul tiba-tiba ini disebabkan oleh pelepasan histamine, zat kimia yang diproduksi tubuh sebagai respon terhadap beberapa makanan yang anda konsumsi dalam jumlah besar. Jenis makanan yang termasuk dalam kategori ini misalnya kerang-kerangan, cokelat, tomat, atau beri. Bahkan setelah makanan pemicu ini dicerna oleh tubuh, zat histamine ini tetap bertahan dan tinggal dalam sistem pencernaan anda. Dibutuhkan waktu 48 jam untuk membuangnya dari tubuh. Hal ini bukan tanda-tanda alergi, jadi anda tetap bisa menikmati jenis makanan yang disebut di atas. Hanya saja batasi asupannya, misalnya konsumsi satu jenis makanan yang mengandung zat pemicu ini dalam sehari

2.    Lidah berwarnat pucat atau kecoklatan bak steak matang
Lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda. Jika terlihat lebih pucat atau lebih tua seperti warna daging steak yang matang, itu tandanya anda mengalami anemia. Tak hanya lidah yang bisa dijadikan sebagai petunjuk, pelupuk mata berwarna pucat juga bisa dijadikan pertanda. Dua tanda lainnya: gampang capai dan stamina yang rendah. Anemia diakibatkan oleh kurangnya zat besi dalam darah. Jadi sebaiknya, pergilah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Jangan lupa konsumsi makanan kaya zat besi misalnya bayam dan daging merah.

3.    Pembuluh darah pecah di sekitar mata
Jangan anggap sepele jika anda mendapatkan bagian putih mata kemerahan. Ini bisa berarti anda terkena penyakit leptospira, yaitu penyakit yang diakibatkan oleh urin tikus yang menginfeksi kulit kita. Tak hanya sampai disitu saja, biasanya pembuluh darah pecah ini disertai dengan demam tinggi dan nyeri otot. Penyakit ini umumnya menyebar di musim banjir dan hujan. Agar terhindar, kenakanlah sepatu boot atau sepatu yang menutupi seluruh telapak dan punggung kaki saat banjir melanda.

4.    Ruam seperti jarring laba-laba di dada
Ruam-ruam ini biasanya disebut spider angioma dimana pembuluh darah di tubuh membesar. Nah berhubung kulit di bagian dada termasuk tipis, ruam-ruam merah ini muncul di permukaan dan terlihat jelas. Bentuknya seperti jarring laba-laba. Dua factor penyebab naiknya level estrogen pada tubuh adalah pil pengontrol kehamilan dan penyakit hati kronis. Saran tips-kesehatanwanita, pertimbangkan untuk mengganti pil KB anda ke pil sejenis yang dosis kandungan estrogennya lebih rendah. Dan obatilah penyakit hati anda.

5.    Guratan urat darah dibagian belakang kaki
Penyebabnya adalah sering duduk dengan kaki disilangkan. Anda memberikan tekanan di permukaan bawah kaki yang anda letakkan di atas saat bersilang. Akibatnya, pembuluh darah anda pecah. Jika anda tak bisa lepas dari kebiasaan menyilangkan kaki, pastikan kaki yang diletakkan bukan kaki yang sama setiap saat. Sehingga kaki anda bisa bergantian menerima tekanan yang berlebihan tersebut. Cobalah menaikkan kaki selama 20 menit setiap harinya agar sirkulasi darah berjalan lancer, pembuluh darah anda tak pecah dan bisa sembuh kembali. Jangan lupa mengonsumsi vitamin C untuk memperbaiki ketahanan pembuluh darah anda agar tak mudah pecah.

6.    Penipisan rambut di area kulit kepala
Rambut menipis di beberapa daerah pada kepala anda memang tak sedap untuk dilihat. Namun hal ini lebih dari sekadar pemandangan tak indah karena kondisi ini adalah petunjuk turunnya kinerja kerja kelenjar thyroid kecil di leher. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi hormon dan mengatur temperatur tubuh. Petunjuk lain yang bisa dijadikan acuan adalah melambatnya metabolisme, pertumbuhan rambut, kulit kering berkepanjangan dan bertambahnya berat badan tanpa sebab yang jelas. Untungnya, kondisi ini bisa diobati melalui perawatan dari dokter. Saran tips-kesehatanwanita, kunjungi dokter anda yang bisa memberikan pemeriksaan dan perawatan yang akurat. (qq)

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Recent comments