Minggu, 27 November 2011

Khasiat Kentang Bagi Kesehatan




Tips Kesehatan Wanita - Tidak hanya aman untuk gula darah, kentang juga berkhasiat untuk penderita hipertensi. Kabar baik bagi anda pecinta cemilan kentang. Pasalnya, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang dengan berat badan berlebih yang mengonsumsi kentang sebulan penuh justru mengalami penurunan tekanan darah dan tidak membuat berat badan naik. Penelitian ini bertentangan dengan penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health yang menyebutkan kentang sebagai pelaku utama kenaikan berat badan, melebihi daging merah dan minuman bersoda.

Namun peneliti berpikir bahwa penelitian yang dilakukan Harvard kurang akurat karena menggabungkan nilai gizi kentang goreng dengan kentang rebus. Peneliti bidang kimia ini berpikir bahwa antioksidan penting yang ada dalam kentang akan rusak apabila digoreng. Sedangkan, kentang yang dimasak dengan microwave tetap mengandung vitamin dan polifenol.

Khasiat Kentang Bagi kesehatan:

Objek penelitian melibatkan 18 orang dengan jumlah kosumsi kentang yang dipanggang dengan microwave dua kali sehari selama sebulan. Hasilnya, tekanan darah diastolik turun rata-rata 4 merkuri atau sekitar 4,3 persen. Alasan peneliti memilih kentang yaitu karena mengandung clorogenic acid--bioaktif utama yang banyak terdapat di kopi--dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, kentang juga telah banyak dipakai para penderita diabetes sebagai pengganti nasi. Kandungan gula dalam kentang terbukti efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin.

Peneliti memang belum meneliti perbedaan kandungan gizi antara satu jenis kentang dan yang lainnya. Namun yang jelas, semua kentang mengandung vitamin C, folic acid, potassium dan zat besi, ketiga kandungan tersebut bermanfaat bagi kesehatan kita. Nah, kini anda pecinta kentang bisa mencoba dan membuktikan sendiri tanpa takut gemuk atau takut membahayakan kadar gula anda. (qq)

0 komentar:

Posting Komentar

recent posts

Recent comments